Alhamdulilah sebelum adanya kurikulum 2013, sekolah SDII Al-Abidin Surakarta sudah mencanangkan adanya pendidikan berkarakter. Namun setelah adanya Kurikulum 2013, sekarang SDII Al-Abidin Surakarta memadukan antara kurikulum Diknas dan Kurikulum Islam. Berkenaan dengan pendidikan karakter, pada artikel kali ini akan kami sampaikan sebagian tentang pedoman pembelajaran dan pendidikan karakter siswa di SDII Al Abidin.
Sekolah SDII Al-Abidin Surakarta telah membuat "TEMA" pendidikan karakter yang berbeda pada tiap bulan, dilengkapi dengan cakupan atau indikator pencapaiannya. Tema tersebut dijadikan ikon di setiap bulannya agar siswa-siswi memahami, dan mampu menginternalisasikan tema-tema tersebut pada dirinya dengan bimbingan guru di sekolah dan orang tua di rumah.
Berikut pendidikan karakter yang diterapkan di SDII Al-Abidin Surakarta:
Januari (MANDIRI): mandiri dalam belajar, ibadah, dan kegiatan sehari-hari
Indikator: a) Membuat jadwal belajar (mematikan TV saat jam belajar); b) Beribadah, meliputi solat berjamaah dan tilawah tanpa diperintah; c) Mandi, makan, dan memakai baju sendiri; d) Menghindari menyuruh orang lain dalam melaksanakan/ menyelesaikan tugas pribadi
Februari (DISIPLIN): disiplin dalam berbagai hal
Indikator: a) Antri di kantin, di kelas, saat mengumpulkan tugas, dll; b) Datang ke sekolah tepat waktu; c) Berseragam lengkap
Maret (JUJUR): jujur dalam setiap ucapan dan tindakan
Indikator: a) Berbicara jujur; b) Tidak mencontek; c) Tidak mengambil yang bukan haknya, misalnya jajanan kantin, barang milik teman, dll
April (CINTA LINGKUNGAN): mencintai kelestarian lingkungan
Indikator: a) Merawat tanaman dan tumbuh-tumbuhan; b) Mengambil sampah yang ada di rumah, di sekolah, dan yang ditemui di jalan kemudian membuangnya ke tempat sampah; c) Segera menyampaikan kepada petugas kebersihan sekolah apabila ada kotoran yang susah dibersihkan
Mei (BERSIH DAN RAPI): menjaga kebersihan dan kerapihan diri
Indikator: a) Toilet training (menyiram kloset minimal 7x setelah BAB/BAK; b) Mandi minimal 2x sehari, menggosok gigi, memotong kuku, dsb; c) Cuci tangan dengan benar setiap hendak makan dan setelah dari toilet; d) Memakai seragam dengan rapi; e) Merapikan loker dan ruang kelas; f) Merapikan alat solat setelah dipakai; g) Menjaga kerapian shof ketika solat; h) Ketika di aula kampus 1, sepatu/sandal ditaruh di loker dan tas dikumpulkan di tengah (tidak di jalan untuk lewat
Juni (PEDULI SOSIAL): peduli dan peka terhadap orang tua, teman, dan saudara
Indikator: a) Membantu teman dan orang tua yang membutuhkan bantuan; b) Mengingatkan teman yang salah; c) Silaturahmi dengan saudara; d) Mendahulukan orang lain (kecuali dalam ibadah); e) Mengajari teman yang susah dalam memahami pelajaran; f) Mensukseskan PEKA
Juli (TOLERANSI): menghargai perbedaan dan peka
Indikator: a) Hidup akur dengan teman-teman di kelas; b) Menjenguk teman yang sakit
Agustus (SOPAN SANTUN): sopan santun dalam berbicara dan berperilaku
Indikator: a) Tidak berteriak kepada orang yang lebih tua; b) Berbicara dengan sopan, lemah lembut, dan tidak berkata kasar/kotor; c) Berjalan pelan-pelan ketika lewat di depan orang yang lebih tua (agak membungkukkan badan); d) Memberikan salam terlebih dahulu/ bersalaman dengan guru (khusus level 4-6 putra-putri menyesuaikan)
September (BERSABAR): Menahan diri dari hal-hal yang merugikan diri sendiri
Indikator: a) Bersabar dan tidak marah-marah; b) Menghindari berantem dengan teman; c) Meminta maaf terlebih dahulu
Oktober (PERCAYA DIRI): Percaya diri untuk berbicara dan tampil
Indikator: a) Percaya pada kemampuan diri sendiri saat mengerjakan ujian ataupun tugas yang sifatnya individu; b) Berani bertanya kepada guru ketika ada yang belum dipahami; c) Berani menyapa dan berbicara dengan orang lain; d) Berani tampil di depan kelas atau perlombaan
November (BERPRESTASI): Berprestasi dan menghargai kompetisi
Indikator: a) Bersemangat dalam kompetisi untuk memperoleh juara (juara kelas, atau dalam perlombaan); b) Menerima kekalahan dari hasil kompetisi, tetapi tidak putus asa; c) Menunjukkan akhlak yang baik sebagai siswa SDII Al Abidin di manapun berada
Desember (GEMAR MEMBACA): Membaca buku setiap waktu
Indikator: a) No gaming, yes reading; b) Membaca buku yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang; c) Membaca minimal satu buku dalam satu pekan
Demikian postingan kali ini, mari kita bersama-sama untuk menyukseskan pendidikan karakter yang bagus ini. Semoga siswa-siswi kita menjadi anak-anak yang sholeh-sholehah. Amiin
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxtzjiZMrjjASRnkW866VKb7wdeSmQgg_qcEpKfJde2A5a90HwNlACYnRcr9L-zvDyVSPD0e1JHraJh-vfr9NSnGyUq0ygJDWGGJZ8vPfGzH5tAMsZ8ijwy8IWWKRZ79wg7JjbDhgYZsoo/s200/LOGO+SD+new+8cm.png)
Referensi:
Buku pedoman pembelajaran dan pendidikan karakter siswa SDII Al Abidin, tahun 2015
0 blogger-facebook:
Post a Comment